Jumat, 22 Februari 2013

Tentang CAKKA KAWEKAS NURAGA

Cakka Nuraga, atau yang bernama lengkap Cakka Kawekas Nuraga adalah musisi muda berasal dari Yogyakarta. Lahir di Bintaro (Tangerang), pada tanggal 18 Agustus 1998 (umur 14) adalah adik dari Elang Nuraga. Dikenal melalui ajang Idola Cilik Musim Kedua. Sebenarnya, Cakka sudah memulai karirnya sebelum itu. Cakka dahulu menyanyikan beberapa jingle Pepsodent yang digarap bersama Eross Candra. Cakka saat ini bersekolah di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta kelas 9 SMP. Bersama kakaknya, Cakka mengeluarkan album duo dalam The Finest Tree yang lauching pada Desember 2012.

Perjalanan Karir

Tahap Awal

Cakka mulai mengenal dan menyukai musik sejak kelas 3 SD. Ketertarikannya pada bidang ini lebih banyak terpengaruh oleh kakaknya – Elang Nuraga – yang dulunya adalah gitaris sebuah band beraliran Japan rock di Yogyakarta: Yubikiri dengan anggota rata-rata usia belasan. Cakka adalah sosok anak yang punya kemauan besar untuk belajar sesuatu. Terpacu oleh karakternya yang ‘tidak mau kalah’ pada sang kakak, pada usia delapan tahun dia mulai belajar memainkan gitar sendiri. Awalnya hanya mengekor dari apa yang dilihatnya saat sang-kakak bermain, namun selanjutnya dia mendapat bimbingan dari kakak dan sang ayah. Seiring bergulirnya waktu, makin terlihat bakat Cakka sesungguhnya, yang ternyata lebih menonjol pada vokal. Bocah penyuka manga drawing ini sudah memiliki karakter vokalnya sendiri. Dia memang tidak mengikuti kursus atau kelas vokal. Belajar bernyanyi dari pengalaman sehari-hari. Mungkin ini akibat dari terlalu seringnya Cakka dimintain tolong oleh sang kakak untuk menjadi vocal-guide setiap kakaknya berlatih sehari-hari, sehingga karakter vokal Cakka terbentuk dengan sendirinya.
Sewaktu kelas 5 SD kuping Cakka sudah menjadi terbiasa pada skala nada dari berbagai genre musik. Karena begitu banyak referensi musik yang dia dengar, dengan sendirinya mampu pula melakukan improvisasi spontan yang terbilang lumayan untuk anak seusianya dulu.

Cakka dan Idola Cilik


Cakka Audisi Idola Cilik

Babak Audisi

Langkah awal yang ditempuh Cakka menuju Idola Cilik 2 yaitu dengan mengikuti audisi Idola Cilik 2 RCTI Goes To School. Audisi tersebut dilaksanakan pada Oktober 2008 lalu. Pada hari Kamis 16 Oktober 2008, Cakka dan teman-temannya yang mengikuti audisi Idola Cilik 2 kembali mengikuti audisi dan wawancara tingkat lanjutan di Quality Hotel Yogyakarta. Cakka bersaing dengan 54 anak yang telah disaring dari sekitar 2500 anak yang akan mewakili wilayah audisi Yogyakarta dan Jawa Tengah. 54 anak tersebut terbagi ke dalam enam kelompok secara bergilir menjalani tahap demi tahap. Dari tahap registrasi bersama orangtua / wali, aktivitas di ruang tunggu, hingga wawancara langsung dengan komentator Idola Cilik Mama Ira Maya Sopha dan Om Duta serta Tim Idola Cilik 2 RCTI. Dari tahap registrasi, Cakka memperoleh nomor audisi ICY-047. Setelah hampir seharian menunggu, akhirnya Cakka mendapatkan gilirannya sekitar pukul empat sore. Layaknya peserta lainnya, Cakka diwawancara langsung oleh Mama Ira Maya Sopha dan Om Duta, serta didaulat untuk memperlihatkan keseriusannya dalam menyanyi. Cakka menyanyikan total 5 lagu. Dua lagu diantaranya Perfect (Simple Plan) dan Laskar Pelangi (Nidji) dinyanyikan Cakka dengan iringan permainan gitarnya sendiri. Sekitar 15 menit Cakka berada di ruang audisi. Menjelang Maghrib, prosesi audisi bagi 54 anak tersebut usai. Pembagian rapor audisi dilakukan keesokan harinya. Rapor audisi tentunya yang akan menentukan siapa yang berhak melaju ke babak berikutnya. Bagi peserta audisi yang mendapat 'Bintang Ungu simbol Idola Cilik' dalam rapornya akan memperoleh kesempatan melaju ke Jakarta. Pembagian rapor Audisi Idola Cilik 2 ini ternyata memberikan 8 Bintang Ungu bagi peserta audisi, dan Cakka merupakan bagian dari anak-anak yang memperoleh Bintang Ungu tersebut. Cakka dan tujuh teman lainnya segera bergabung dengan 42 anak-anak dari seluruh Indonesia dan memasuki babak 42 besar alias babak Menuju Pentas Idola Cilik 2.

Babak Menuju Pentas Idola Cilik 2

Babak Menuju Pentas Idola Cilik 2 pun dimulai dengan 42 orang peserta yang menjadi bagian babak ini. Dari 42 Peserta yang lolos ke babak Menuju Pentas Idola Cilik, kemudian dibagi ke dalam enam kelompok, sehingga masing-masing kelompok terdiri atas 7 peserta. Enam kelompok tersebut dibagi jadwal tampilnya, mulai dari hari Senin hingga Sabtu. Satu orang peserta akan tinggal kelas dari setiap hari penayangan babak Menuju Pentas ini. Pada babak 42 besar ini, Cakka tampil pada hari pertama (Senin) dengan menyanyikan lagu Laskar Pelangi. Di babak 42 besar ini, Cakka dinyatakan lolos ke babak 35 besar dengan polling SMS tertinggi (22.74%). Dari 42 besar, Minggu berikutnya telah memasuki babak 35 besar, dan terus berlanjut hingga babak 14 besar. Babak 14 besar merupakan babak yang sangat berarti bagi peserta Idola Cilik 2, karena Idola Cilik 2 mematok babak 14 besar sebagai babak Pentas. Pada babak Menuju Pentas ini, Cakka sempat dipilih oleh band tamu yaitu The Titans dan The Changcuters sebagai peserta yang berkesempatan duet dengan bintang tamu. Hingga babak 14 besar ini, perjalanan Cakka masih mulus, dan selalu dinyatakan lolos ke babak berikutnya. Cakka melengkapi bintang ke-14 atau menjadi peserta yang terakhir yang lolos ke babak 14 besar. Dan menjadi satu-satunya finalis Idola Cilik 2 yang melewati proses audisi Idola Cilik Goes to School

Babak Pentas Idola Cilik 2

Setelah menjalani babak Menuju Pentas Idola Cilik 2, empat belas peserta terpilih akhirnya bertarung di babak bergengsi yaitu babak Pentas Idola Cilik 2. Empat Belas peserta yang beruntung masuk ke babak Pentas Idola Cilik 2 adalah Abner (Manado), Agni (Yogyakarta), Bastian (Bandung), Cahya (Semarang), Cakka (Yogyakarta), Debo (Bandung), Gita (Palembang), Irsyad (Padang), Obiet (Yogyakarta), Oik (Semarang), Olin (Ambon), Ourel (Medan), Patton (Jakarta), dan juga Rahmi (Aceh). Empat belas anak tersebut bersaing ketat untuk dapat lolos ke babak-babak selanjutnya. Persaingan di Babak Pentas Idola Cilik 2 memang sangatlah ketat. Posisi polling SMS selalu berubah-ubah setiap waktu. Dari perjalanan Pentas Idola Cilik 2, Cakka mendapatkan banyak pengalaman berharga. Perjuangan Cakka pun tergolong mulus, meski beberapa kali Cakka mendapatkan rapor bayangan merah. Hingga pada akhirnya tanggal 15 Februari 2009, Cakka dinyatakan tinggal kelas. Namun karena hari tersebut masih dalam rangka memperingati hari kasih sayang, Cakka masih diberikan kesempatan tampil kembali minggu berikutnya alias tidak tinggal kelas. Pada minggu berikutnya polling SMS Cakka masih berada di posisi terbawah dan Cakka harus rela tinggal kelas. Perjalanan Cakka harus terhenti di babak 6 besar Idola Cilik 2.
Daftar Penampilan Cakka dalam Pentas Idola Cilik 2
Posisi Tanggal Judul Lagu/Penyanyi Asli Ranking
42 Besar 17 November 2008 Laskar Pelangi
Nidji
1
35 Besar 26 November 2008 1=Sama
Kunci
1
28 Besar 6 Desember 2008 Cobalah Mengerti
Peterpan (Sekarang Noah (grup musik))
5
21 Besar 14 Desember 2008 Khayalan Tingkat Tinggi, Peterpan (Sekarang Noah (grup musik))
Disco Lazy Time (feat Ayah), Nidji
3
14 Besar 20 Desember 2008 Khayalan Tingkat Tinggi
Peterpan (Sekarang Noah (grup musik))
2
13 Besar 27 Desember 2008 Jangan Sakiti
The Titans
4
12 Besar 3 Januari 2009 Lepaskan Diriku
J-Rocks
3
11 Besar 10 Januari 2009 Akulah Sahabatmu
Marryjane
4
10 Besar 17 Januari 2009 Ada apa denganmu
Peterpan (Sekarang Noah (grup musik))
3
9 Besar 24 Januari 2009 Kau Curi Lagi
J-Rocks feat Prisa
6
8 Besar 31 Januari 2009 Shadows
Nidji
3
7 Besar 7 Februari 2009 Ingin (tapi kutak bisa)
Nineball
1
6 Besar 14 Februari 2009 Selalu Mengalah, Seventeen
Menghapus Jejakmu (feat Ayah), Peterpan (Sekarang Noah (grup musik))
Wildcard
6 Besar Part 2 21 Februari 2009 Misteri Ilahi, Ari Lasso
Takkan Ada, Lyla
Eliminasi

Karir Selepas Idola Cilik

 

Cakka & Baim Wong as Andre Kecil & Besar
Selepas Idola Cilik, karir Cakka tidak berhenti sampai disitu. Cakka pernah bermain dalam Sinetron Dewi sebagai Andre Kecil. Selain itu, Cakka juga menyumbangkan suaranya dan membintangi penggarapan video klip Bersatulah Indonesia bersama beberapa finalis Indonesian Idol, Teman-temannya sesama Idola Cilik (Sivia, Zahra, Patton, Debo & Kiki)

Cakka dalam Video Klip Bersatulah Indonesia
Cakka juga pernah sebagai model katalog tulipware. Mengikuti beberapa kuis-kuis antara lain Happy Song (Indosiar), Boombastis (RCTI), Siapa Paling Berani (RCTI), Domikado (Bersama ICIL DIVO). Sempat menjadi Co. Host di acara Domikado. Cakka juga sempat masuk sebagai salah satu personil Super Idola Band yang merupakan perkumpulan anak-anak berbakat dari Idola Cilik 1 - Idola Cilik 3. Dimana Cakka sebagai gitaris utama. Selain itu Cakka juga pernah tampil di Dahsyat pada tanggal 23 Juni 2011 dan menyanyikan lagu One Time milik Justin Bieber. Video Klip live performance-nya sempat menjadi yang paling banyak ditonton di website Dahsyat selama 1 minggu[9].Cakka juga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 7 cool idols edisi Majalah Bobo bersama 7 idola lainnya yaitu Justin Bieber, Selena Gomez, Brandon De Angelo, Jaden Smith, Miley Cyrus, Nick Jonas, dan Cakka tentunya[10].
“Walapun Kegiatan on air Cakka lumayan sedikit tapi kegiatan off air-nya banyak, hampir tiap minggu kita punya kegiatan Meet&Greet.”
— Lurah CL

Cakka dan C~LUVers!

Sejak menjadi finalis Idola Cilik 2, Cakka sudah punya banyak fans. Fans-fans itu tersebar di beberapa kota. Mereka membentuk Cakka Fans Club. Fans-fans itu tidak ada kaitannya secara langsung dengan Cakka. Agar ada persatuan antara fans club-fans club itu dan mudah mengontrolnya, maka dibentuklah C~LUVers (dibaca: si luvers) pada tanggal 15 November 2008.

Cakka 2008 vs Cakka 2012
Sekarang, sudah ada lebih dari 60 kota regional C~LUVers yang tersebar di kota-kota di berbagai provinsi. Bahkan ada yang berada di luar negeri seperti United States, Malaysia, Australia, Filipina, Brunei Darussalam, dll. Anggota C~LUVers itu saling berkomunikasi lewat twitter dan facebook.
“C~LUVers! Itu udah kayak akar buat aku,.”
— Kata Cakka di salah satu siaran radio.
C~LUVers juga mengadakan acara Meet&Greet bersama Cakka. Mereka juga menjual merchandise Cakka dan mengadakan acara bakti sosial. Pada setiap bulan puasa, mereka mengadakan C~LUVers BuBar! atau Buka Bareng. Acara itu cukup unik. Masing-masing anggota C~LUVers mengadakan acara buka bersama di kotanya masing-masing. Tapi mereka terhubung dengan webcam. Sekarang di Facebook Cakka sudah mempunyai penggemar lebih dari satu juta penggemar. Terbukti dengan banyaknya likers yang memberikan jempolnya untuk fanpage facebook Cakka. Cakka sangat menyayangi C~LUVers! Karena kata Cakka, C~LUVers! adalah keluarganya. Begitu pula C~LUVers! yang sudah menganggap Cakka bukan hanya sebagai idola tetapi keluarga. C~LUVers! mempunyai yel-yel yaitu CAKKA??!! YA AMPUUUUUUUNNN, itu yang diteriakan setiap kali Cakka perform. Sedangkan slogan C~LUVers! One Love One Heart. Uniknya setiap perayaan ulang tahun Cakka ataupun Anniversary C~LUVers! (yang jatuh pada 15 November) C~LUVers! pasti punya slogan khusus yang memicu Cakka dan C~LUVers! untuk lebih maju. Contohnya: Let's step ahead (Cakka 11 tahun), We're not getting older we're getting better (C~LUVers 1 tahun), Jump into teenage space (Cakka 12 tahun), #3YearsOfTogetherness, Time to Fly (C~LUVers 4 tahun).
“Pacarnya banyak, C~LUVers!.”
— Kata Cakka setelah disinggung tentang pacar.

Di balik sosok Cakka

Di balik sosok Cakka ternyata ada sosok ayahnya, Tunggul Dhewa Nuraga. Ayah Cakka juga adalah salah satu yang berperan besar dalam karir Cakka di dunia musik. Ayahnya yang memperkenalkannya pada musik. Serta ayahnya pula yang pada awalnya mengurus semua kebutuhan Cakka sebelum dan sesudah Idola Cilik. Dari mulai fansite, dan segala media promo untuk Cakka. Sebelum dibantu beberapa C~Crew (nama crew fans Cakka).
"Pokoknya, Ayah is my hero," kata Cakka ketika disinggung tentang sosok ayahnya di salah satu radio 15 November 2012.

Project Terbaru

Lama menghilang dari televisi, setelah Idola Cilik, usia Cakka sekarang sudah beranjak remaja, tidak banyak yang berubah, hanya mungkin suaranya sudah berubah, dan penampilannya sudah menunjukkan usianya.

Cakka at Geronimo FM 15 November 2012
Namun soal karir musik, ternyata masih berjalan, setelah selesai kontrak dengan Idola Cilik, ia seringkali show sendiri, keliling kota.
“Biasanya kalo manggung aku main gitar bawain lagu-lagu Bruno Mars, Justin Bieber, John Mayer yang aku cover ulang,”.
Selain sibuk show, sekarang Cakka sedang disibukkan dengan album terbarunya bersama sang kakak, Elang. Dua bersaudara yang gemar bermain gitar ini membuat duo bernama the Finest Tree yang diproduseri oleh Eross Candra ‘Sheila On 7”.
“Ada beberapa lagu dari aku dan kakakku, ada juga ciptaan Eross, tapi masih tahap proses,” ungkapnya.

The Finest Tree
Selain ingin menggebrak dengan konsep duo ditengah maraknya boyband dan girlband, sesuai filosofi nama bandnya, The Finest Tree yang berarti pohon terbaik, yang akan memberikan buah yang terbaik, Cakka berharap karya-karyanya akan menjadi karya terbaik, dan dengan berani ia mengucap ingin proyek duo nya ini bisa menjadi kelompok musik legend.
“Selain ingin “Nge-boom” dengan album ini, aku nggak mau setengah-setangah dalam berkarya, misalnya seperti karya musik yang sekarang disenangi, beberapa bulan kemudian hilang, aku mau karya-karyaku bisa dikenal dan disukai sampai kapanpun,” kata penyuka manga drawing ini.
Selain rutin latihan vokal dan bermain gitar, ia coba menciptakan karya-karya musiknya sendiri. Bahkan ayahnya bilang kemauan Cakka sangat besar di musik, ia ingin semua berproses, kemauannya terus bertambah begitu juga kemampuannya, ia tidak akan berhenti
“Kalau ditanya ingin seperti siapa, aku ingin seperti John Mayer, dia dikenal musisi yang tidak hanya memiliki suara bagus, tapi juga jago main gitar. Bagaimana vokal dan alat musik bisa menyatu dan fokus itu tantangan, aku ingin melebihi dia,”
The Finest Tree launching pada pertengahan Desember 2012. Namun sebelum launching diawali dengan #TFTShowCase pada tanggal 8 Desember 2012. Dalam Album The Finest Tree akan terdapat 5 lagu. Antara lain Lupa Bawa Nyali, Melebur Beda, dan Sampai Waktunya Datang serta dua lagi merupakan versi acoustic studio live dan remix. Karir the Finest Tree juga sudah dimulai sejak Trailer Film Cinta Tapi Beda[15] diluncurkan. Disana the Finest Tree menyanyikan soundtrack film tersebut yaitu Melebur Beda. Duo kakak beradik ini diharapkan bisa membawa nuansa baru dalam blantika musik Indonesia.

Karakteristik dan Jenis Musik

Aliran

Pada awalnya karakter suara Cakka lebih ke pop. Namun, setelahnya tak sedikit juga ada yang mengatakan bahwa Cakka mempunyai karakter suara rock contohnya ada beberapa artikel dalam majalah yang menyebutkan Cakka sebagai rocker. Tapi seiring berjalannya waktu, dikarenakan Cakka mengidolakan John Mayer maka Cakka mulai belajar aliran Blues. Dan sepertinya Cakka lebih nyaman dengan Aliran tersebut. Project duo bersama kakaknya juga, dalam the Finest Tree mengusung aliran pop yang lebih menunjukan sisi duo mereka dari pada band.

Teknis

Karena perubahan suara Cakka. Cakka lebih sering mengimprovisasi nada-nada tinggi yang bukan range-nya dia dengan nada-nada alternatif. Namun, membuat lagu-lagu yang dinyanyikannya menjadi easy listening bahkan terkesan Cakka banget. Di SoundCloud-nya Cakka mengcover 3 lagu antara lain Who Says (John Mayer), What Makes You Beautiful (One Direction), One Time (Justin Bieber) dan membuat musiknya berbeda dengan suara khasnya.

Instrumen yang bisa dimainkan


Cakka dan Musik
Cakka sangat identik dengan gitar semenjak idola cilik. Sekarang pun demikian Cakka juga identik dengan gitar taylor-nya. Selain bisa bermain gitar, Cakka juga bisa memainkan alat musik lain. Contohnya: Drum dan Piano meskipun belum terlalu mahir dan masih dalam tahap pembelajaran tetapi Cakka selalu enjoy dengan semuanya. Buktinya, disalah satu lagu ciptaan Cakka sendiri yang berjudul Bidadari Surga, Cakka memainkannya dengan instrumen piano pada sebuah kesempatan saat Meet&Greet. Karena keseriusannya di bidang musik, Cakka juga jadi salah satu icon sebuah brand alat musik yang mendunia.

Album dan Singel

  • Pepsodent Nightbrushing Campaign - Jingle
  • Album KompilasiGapai Mimpimu (All Finalist Idola Cilik 2)
  • Singel Bersatulah Indonesia (Indonesian Idol, Idola Cilik, Petra Sihombing)
  • Singel Cinta Allah, Cinta Sejati (Rini “Idol”, Ray & Cakka “Icil”, MAX5, The Velocity, 5 Bidadari, Wulansari, Novi, Wulan dan Nurdin “KDI”)
  • Singel Bertahanlah (Special erupsi merapi)
  • Soundtrack Film Cinta Tapi Beda Melebur Beda (The Finest Tree)
  • Album The Finest Tree
Album Tanggal Launching Track
The Finest Tree
Label Record: JagoKluruk Indonesia
Producer: Eross Candra
Desember 2012 * Lupa Bawa Nyali
* Sampai Waktunya Datang
* Melebur Beda
* Sampai Waktunya Datang (acoustic studio live)
* Lupa Bawa Nyali (Remix)
AlbumHijauTFT.jpg

Karir di luar bidang musik

Filmografi

Iklan

  • Iklan Dettol
  • Iklan Katalog Tulipware

Pranala luar



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar